Jumat, 19 Juni 2015

Deskripsi Monumen Nasional (Monas)

Sedang Cawan pada Monas berupa seperti lesung serta mempunyai tinggi 17 mtr. dengan luas 45 x 45 mtr. sedang tinggi ruang didalam cawan adalah 8 mtr.. Keadaan Cawan ini adalah perlambangan dari hari kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945. Didalam cawan ada Ruangan Kemerdekaan yang disebut amphitheater yang dikelilingi oleh 4 atribut kemerdekaan RI ; yakni Peta Kepulauan RI, Bendera Sang Saka Merah Putih, Simbol Negara Bhineka Tunggal Ika serta Pintu Gapura yang diisi Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI.


Ruangan Kemerdekaan berusaha untuk menuturkan histori Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk generasi penerus supaya tak pernah dilupakan. Pada jam-jam spesifik, pintu ruang ini bakal terbuka dengan cara automatis dengan diiringi lagu Padame Negri serta rekaman nada Presiden RI Soekarno saat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI. Pengunjung dapat jalan di sekitar sisi luar Cawan yang cukup luas ini sambil lihat panorama seputar.

Sisi puncak Monumen ini terdapat di ketinggian 115 mtr. dari pelataran Monas. Sesudah menaiki lift sepanjang lebih kurang 3 menit, pengunjung bisa meraih pelataran puncak yang dapat menyimpan sampai 50 orang dengan luas 11 x 11 mtr.. Dibagian puncak, pengunjung dapat lihat panorama kota Jakarta bahkan juga sampai ke Kepulauan Seribu bila cuaca cerah. Dibagian puncak ini, hawa sangatlah fresh serta bersih dan situasi cuaca cukup dingin serta berangin. Keadaan ini sangatlah tidak sama dibagian bawah Monas yang banyak alami polusi hawa karena tempatnya yang disebut pusat kota yang hiruk pikuk oleh semua jenis kegiatan warga Jakarta.

 Sebagai daya tarik paling utama dari Tugu Monas ini yaitu sisi puncak yang berupa seperti lidah api tidak pernah padam. Lidah api ini melambangkan kemauan bangsa Indonesia untuk selalu berjuang serta akan tidak pernah padam selama hidup. Lidah api ini sangatlah menarik karena terbuat dari 14, 5 ton perunggu serta dilapis oleh emas seberat 50 kg. Tinggi lidah api adalah 14 mtr. dengan diameter seluas 6 mtr. yang terbagi dalam 77 sisi yang lalu jadikan satu kesatuan.

Jadi bila anda berkunjung ke Kota Jakarta, jangan sempat melupakan kunjungan ke Monas terlebih untuk warga Jakarta sendiri lantaran Monas adalah simbol kota yang penuh dengan atraksi serta pengalaman seru untuk pengunjungnya. Terkecuali bisa mengetahui histori perjuangan kemerdekaan negara, kita bisa nikmati kesejukan serta taman kota yang sekarang ini cukup susah didapati di Kota Jakarta ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar